Hasil gambar untuk ssid wifiPernahkah Anda mengalami saat sebelumnya menggunakan WiFi dengan lancar, tiba-tiba SSID WiFi itu tidak terdeteksi padahal Access Point WiFi hidup dan tidak bermasalah?
Yak aku mengalaminya, ceritannya Minggu lalu saat browsing via Laptop HP Mininote 2140 yang ber OS modified Elementary OS dengan koneksi WiFi Speedy dengan nama SSID yang biasa dipakai di rumah, tiba-tiba WiFi router access point mati karena tercabut power suply nya dan saat WiFi router dihidupkan kembali, ternyata SSID WiFi menjadi tidak terdeteksi di HP Mininote 2140 tetapi SSID tersebut terdeteksi di laptop lain serta gadged lain seperti Android dan Blackberry. Yang lebih membuat bingung lagi, laptop HP Mininote 2140 ini bisa mendeteksi SSID nya tetangga sebelah namun tetap tidak bisa mendeteksi SSID WiFi rumah.
Well, berangkat dari beberapa hal di atas paling tidak dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
Petunjuk pertama, Laptop HP Mininote 2140 bisa mendeteksi SSID nya tetangga sebelah, maka ini dapat disimpulkan tidak ada masalah hardware dan software (driver) WiFi adapter di Laptop HP Mininote 2140.
Petunjuk ke dua, SSID rumah dapat ditangkap oleh Laptop lain dan Gadged Android maupun Blackberry seta dapat digunakan dengan normal, maka ini dapat disimpulkan bahwa Access Point (WiFi Router) tidak bermasalah juga.
Wew..sempat bingung juga masalah ini kira-kira karena apa ya?

Kemudian aku coba boot ke Windows 7 untuk mendeteksi apakah OS nya yang bermasalah. Tetapi ternyata setelah boot ke Windows 7, SSID WiFi sendiri tetap tidak terdeteksi dan hanya dapat mendeteksi SSID WiFi nya tetangga sebelah. Di Windows 7 Laptop HP Mini note 2140, kebetulah terdapat aplikasi Broadcom Wireless Utility dan dari aplikasi tersebut saya mendapat informasi entah kenapa si wireless adapter Laptop HP Mininote 2140 ini hanya memiliki channel 1 sampai 11 saja. Kemudian ketika saya cek di blackberry yang berhasil mendeteksi SSID WiFi, ternyata SSID WiFi tersebut berada di channel 13. Wew pantas saja SSID WiFi tersebut tidak terdeteksi. Oya, kalau Anda ingin tahu lebih lanjut tentang channel WiFi, dapat dibaca lebih lanjut di sini  dan di sini.
Oleh karena itu, perlu diubah settingannya supaya Wireless Adapter bisa menangkap sampai channel 13. Setelah mencari tahu, ternyata harus mengubah Location di Adapter Properties. Untuk saya, Location saya ubah jadi UK karena dari yang saya baca, Eropa bisa menggunakan channel 12 dan 13. Caranya adalah sebagai berikut :

Control Panel - Networking and Sharing Center - Manage Wireless Networks - Adapter Properties - Configure

Kemudian pilih tab Advance, kemudian pada bagian Location saya ubah menjadi United Kingdom, sebelumnya entah mengapa Location ter-set Antigua and Barbuda.
Setelah itu akhirnya WiFi adapter HP Mininote bisa mendeteksi channel 1 sampai 13 dan SSID rumah bisa terdeteksi di laptop HP Mininote 2140 lagi.
Yap, bagi Anda yang mengalami masalah SSID WiFi tidak terdeteksi mirip seperti saya dan ber OS Window 7, mungkin ada baiknya cara saya itu bisa dicoba, tetapi kalau ada masalah lebih jauh risiko silakan ditanggung sendiri ya . Untuk yang memakai Linux saya belum tahu cara mengatasi hal di atas lewat OS Linux yang Debian Based.
Update 23 Feb 2014
Untuk Elementary OS dan OS Linux Debian based lainnya, location ini ternyata disebut sebagai Region. Untuk mengubah region di Elementary OS bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut di terminal.  Di Elementary OS, sengaja saya set region JP (Japan) agar bisa menangkap channel 14 juga.

sudo iw reg set ISO_3166-1_alpha-2
sudo iw reg set JP

Ketik berikut untuk mengecek hasilnya apakah sudah berubah menjadi JP ataukah masih yang lama

iw reg get

Tetapi dengan cara di atas, setelah laptop reboot ternyata region nya kembali ke region default lagi. Akhirnya aku buat file cfg80211.conf di /etc/modprobe.d/ kemudian diisi dengan berikut dan setelah itu direboot:

options cfg80211 ieee80211_regdom=JP

Setelah reboot pas dicek region nya dengan command berikut sudah berubah menjadi JP

cat /sys/module/cfg80211/parameters/ieee80211_regdom

Untuk lebih memastikan lagi, saya coba dengan command iw get reg seperti cara di atas dan ternyata sudah menjadi JP juga. Jadi cara ini valid.  Btw, kalau saya baca-baca, cara yang ke dua ini di kernel yang lebih tinggi sudah tidak di ijinkan, hanya cara pertama yang menggunakan iw saja yang diperbolehkan. Ah yang penting bisa jalan dulu lah